Western Digital Caviar Green, Berkapasitas 2TB


Produk harddisk Western Digital kelas desktop terbaru ditawarkan dalam pilihan 3 warna (Blue, Green, dan Black) dengan karakteristik sesuai kebutuhan konsumen. Tipe yang mengutamakan hemat energi dimasukkan ke dalam jenis Green yang berlogo daun.

Yang datang di lab InfoKomputer merupakan seri Caviar Green berkapasitas 2 terabyte, kapasitas tunggal tertinggi yang ada saat ini. Sebagai model Green Power, harddisk ini mengkonsumsi daya sekitar 4 watt lebih rendah dibandingkan model lainnya dan ideal untuk mereka yang berniat menghemat energi di PC.

Caviar Green kapasitas 2TB ini meletakkan 4 piringan sebagai penyimpan data yang masif. Untuk memaksimalkan proses tansfer datanya, dibenamkan memori cache sampai 32 MB. Namun, bukan berarti besarnya cache ini akan memompa kinerja secara signifikan karena desain mekanis Caviar Green justru dibuat lebih “kalem” agar tak menyerap banyak daya.

Pada saat bekerja sendiri (read/write) Caviar Green hanya mengkonsumsi daya sekitar 6 watt dan hanya menghasilkan suara rata-rata 29dBA (yang tergolong sangat senyap). Meskipun secara default memakai standar koneksi SATA II, Caviar Green tetap kompatibel dengan koneksi SATA 150 (SATA I) via metode “jumpering” sesuai petunjuk manualnya.

***

Sebenarnya cukup banyak teknologi yang termuat dalam Caviar Green (seperti IntelliPower yang mengatur putaran cakram dengan algoritma tertentu agar lebih hemat energi dan juga mekanisme StableTrac yang melindungi tangkai motor head selama beroperasi). Namun yang menonjol dari semuanya memang kelebihan harddisk dalam menyerap daya sesedikit mungkin dengan tetap memberi kinerja yang cukup tinggi.

Kemampuan rata-rata baca-tulis harddisk sendiri memang sudah bagus meski tidak setinggi seri enterprise (RE3) yang pernah InfoKomputer coba. Kalau Anda membutuhkan harddisk berkapasitas besar yang irit daya dan tidak panas, Caviar Green 2TB ini adalah jawabannya. Satu kekurangan utamanya mungkin pada harga jualnya yang mahal.

Sumber: InfoKomputer
|
This entry was posted on 02.42 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: